Debit Air Lekopancing Makin Menurun, Ini Imbauan PDAM Makassar Bagi Pelanggan

Bendungan Lekopancing ,Kabupaten Maros (int)

SULSELNET.COM, MAKASSAR — Dampak musim kemarau sudah mulai terasa bagi warga Kabupaten Maros, terutama mengenai persediaan air baku yang nampaknya terus menurun.

Dari pantauan petugas pengawas Bendung Lekopancing, Kabupaten Maros, melaporkan bahwa saat ini debit yang ada sudah menurun 265 cm dari kondisi normal.

Kondisi ini tentu saja sangat mempengaruhi supply air baku ke instalasi pengolahan air yang berada di Panaikang kesulitan memproduksi air dengan debit yang sama pada saat musim hujan.

“Saat sekarang produksi kami hanya dikisaran maksimal 1.050 lps dari biasanya 1.250-1.300 lps karena pasokan air baku berkurang,” begitu informasi Idris Tahir Humas PDAM saat dihubungi via WhatsApp Minggu 19 Agustus 2018.

Jika produksi air menurun, tentulah distribusi ke pelanggan juga menurun khususnya untuk daerah utara dan timur kota, seperti sekitar Jl. Sultan Abdullah, Teuku Umar, Sinassara, Barukang Cambayya, Jalur ke Antang, Dirgantara, Paccinang, BTP, Sudiang dan lainnya.

Solusi alternatif untuk menambah pasokan air baku dengan mengambil air pada Sungai Moncongloe Maros sementara dalam tahap persiapan. Sudah terpasang Pompanya disana dan saat ini lagi pemasangan alat lain semoga 1-2 hari sudah bisa difungsikan pengambilan airnya.

“Kalau dibilang kritis sih boleh juga, karena biasanya pasokan tambahan dari Intake Mallengkeri cukup bagus tapi saat ini debit air dari Sungai Jeneberang juga menurun drastis yang biasanya bisa tersupply air baku 250 lps sekarang hanya mampu maksimal 150 lps dan ini baru pertama kalinya debit air dari sana berkurang drastis,” tutur Muh Idris.

Idris juga tak lupa menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan dan menghimbau pelanggan untuk lebih hemat menggunakan air dan kalau bisa begitu air mengalir tampung dulu sebagian agar bisa dipakai besok mengingat tekanan air yang tidak stabil karena pengaruh musim kemarau seraya memohon doa semoga pekerjaan pemasangan pompa di sungai Moncongloe segera bisa difungsikan.

Sebagaimana diketahui, Bendung Lekopancing merupakan sumber air utama yang dipergunakan oleh IPA 2 Panaikang untuk melayani pelanggan di Utara dan Timur kota dengan perkiraan sekitar 50 ribu pelanggan yang bergantung dari pasokan air di IPA 2 Panaikang selain ada sedikit tambahan dari IPA Maccini Sombala untuk sebagian pelanggan utara kota. (**)

Silahkan Berkomentar