Minta Pemda Se-Indonesia Bantu Korban Gempa Lombok, Ini Penjelasan Mendagri

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo

SULSELNET.COM – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menjelaskan alasannya terkait pihaknya meminta kepala daerah se- Indonesia, untuk membantu rehabilitasi pasca bencana di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dan paya itu dinilai bentuk gotong royong sebagai warga negara.

“Gotong royong inikan hal wajar, solidaritas para gubernur membantu NTB,” kata Tjahjo, di Semarang, Kamis (23/8/2018), dikutip dari kompas.com

Dijelaskan Tjahjo, gotong royong untuk membantu rehabilitasi pasca bencana salah satunya didasarkan atas surat dari Gubernur NTB M Zainal Majdi. Gubenur NTB meminta bantuan dari para gubernur se-Indonesia.

Meski ada surat minta bantuan, Kemendagri memastikan bahwa Pemerintah pusat telah menjamin anggaran untuk proses rehabilitas. Tidak saja dari pemerintah, TNI-Polri, pihak swasta, hingga kalangan usaha akan membantu penuh.

“Beberapa Pemda sudah konfirmasi ke Kemendagri, mereka minta agar siapin payung hukum. Meski sukarela, tapi jangan sampai kena masalah hukum,” ucap politisi PDIP ini.

Bantuan dari Pemerintah daerah, sambung dia, salah satunya bisa melalui dana sisa lebih pembaiyaaan tahun berjalan (Silpa).

Namun penggunaan dana Silpa harus sesuai dengan ketentuan. “Misalnya bantu pakai dana silpa, misalnya kami buat edaran, boleh berikan bantuan uang/barang tapi ada aturan yang disampaikan. Asosiasi bupati, walikota, gubernur akan gotong royong,” tambahnya. (**)

Silahkan Berkomentar