China Miliki Kapal Tengker Minyak Cerdas

SULSELNET. COM-Produsen kapal China sedang membangun sebuah kapal tanker minyak yang memiliki sistem ‘pintar’ untuk mengelola kargonya.

Sistem on-board kapal yang canggih mampu melakukan berbagai tugas, mulai dari memetakan rute pelayaran hingga merencanakan proses bongkar muat.

Itu juga dapat meningkatkan efisiensi pekerja dan membantu kapal menghemat sekitar lima persen energi saat mengirim barang melintasi lautan.

Kapal cerdas ini dinamai intelligent ship, dengan kapasitas muat 308.000 ton. Panjangnya 300 meter, setara dengan sekitar 35 truk berat yang diparkir ujung ke ujung. Luas permukaannya sebesar tiga lapangan sepakbola.

Intelligent ship ini diklaim oleh pembuatnya sebagai kapal tanker cerdas pertama di dunia.

Kapal tanker minyak mentah ini telah dikirim ke klien yang tidak disebutkan namanya pada hari Sabtu dari Dalian, sebuah kota pelabuhan di China timur laut.

Itu dianggap sebagai terobosan dalam upaya China untuk menjadi negara adidaya maritim global.

Cina memiliki permintaan minyak mentah yang sangat tinggi, tetapi produksi dalam negeri memenuhi kurang dari 30 persen dari kebutuhan.

Menurut Bloomberg, negara itu mengimpor lebih dari 10 juta barel minyak mentah per hari di bulan April, kebanyakan dari mereka diangkut melalui laut.

Ketgam:Sumber Reuters

Silahkan Berkomentar