Pemkot Makassar Usulkan 511 Rekruitmen CPNS Tahun Ini

SULSELNET. COM, MAKASSAR-Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) berencana membuka kembali rekrutmen Pejabat Pemerintah Perjanjian Kontrak (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), untuk tahun 2019. Di Makassar, Pemerintah Kota (Pemkot) mengusulkan sekira 511 kuota ke pusat.
Kepala Bidang Pengadaan dan Kepegawaian BKPSDM Kota Makassar, Kadir Masri, mengatakan, pihaknya telah mengajukan usulan ke pemerintah pusat terkait penerimaan CPNS tahun 2019. Formasi yang diusulkan berdasarkan kebutuhan SKPD dan disesuaikan dengan jumlah formasi yang tidak terakomodir pada perekrutan tahun lalu. “Sudah ada, totalnya itu 511 formasi dari pemerintah pusat,” kata Kadir, Jumat (5/7).
Kata Kadir, usulan formasi untuk Pemkot Makassar berpotensi bertambah. Pasalnya, rekrutmen CPNS 2018 lalu masih menyisahkan sekira 900 kuota, dari total 1.200 kuota. “InsyaAllah, sisa kuota kita di pusat bisa bertambah dari usulan kita tahun ini sebanyak 511. Tapi, itu tergantung pusat,” jelasnya.
Pemkot Makassar setiap tahun melakukan sosialisasi, dengan tujuan penyusunan dan pelatihan kebutuhan formasi di setiap SKPD. Hasilnya, akan menjadi acuan dalam penetapan usulan, apabila ada rekrutmen CPNS.
“Kalau ada kebutuhan yang sifatnya operasional dan mendesak tambahan fungsi, itu biasanya kita tambahkan lagi,” terangnya.
Contohnya, lanjut Kadir, saat kepemimpinan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto dengan program unggulan smartcity. Jumlah usulan formasi tambahan m
encapai 100 kuota untuk tenaga IT.
“Alhamdulillah, dari 100 usulan formasi IT kita di tahun 2018 lalu, pusat berikan 28 kuota. Jadi, usulan kita sesuai kebutuhan organisasi,” bebernya.
Silahkan Berkomentar