Kembangkan Potensi Makassar, Najiran Paparkan Program Sudut Bahasa dan Portal Kerjasama

Foto:Kabag Kerjasama dan Perekonomian Makassar,  Najiran Syamsuddin.

MAKASSAR, SULSELNET. COM,- Bagian Perekonomian dan  Kerjasama Pemkot  Makassar kembali membuat suatu terobosan yang luar biasa demi pengembangan sumber daya manusia (SDM)  di lingkup pemerintah kota Makassar.

Hal itu terungkap ketika Kabag Kerjasama Pemkot Makassar,  Najiran Syamsuddin Ph. D mengikuti Ujian Laboratorium Diklat Kepemimpian Tingkat III , dengan judul Proyek Perubahan “DUTA KERJASAMA – Sudut Bahasa dan Portal Kerjasama Kota Makassar” di LAN RI Antang,  Makassar, Rabu,  (24/7).

Menurut Najiran,  program sudut bahasa adalah membentuk komunitas PNS dan Non PNS dilingkup pemkot Makassar agar bisa berkomunikasi dengan bahasa asing seperti,  bahasa inggris yang sudah merupakan bahasa internasional.

“Dengan adanya komunitas bahasa yang terbentuk,  mereka (PNS/Non PNS)  di pemkot makassar bisa belajar bahasa inggris dengan baik,  karena sering ada komunikasi antara mereka, sehingga terbiasa menggunakan bahasa asing,  “kata Najiran.

Dia menjelaskan,  jika ada PNS dan Non PNS yang ingin masuk komunitas mereka bisa datang ke lantai dua kantor Balaikota Makassar. Sedangkan untuk jadwal belajarnya itu dilaksanakan setiap hari Rabu dan Jumat setiap minggunya.

“Pengajarnya ada dari Unhas,  UMI dan juga Unibos, jadi pengembangan bahasa bisa lebih terukur. Inilah satu cara mengembangkan bahasa asing karena kita ketahui di pemkot banyak yang punya potensi,  “jelasnya.

Lanjut  Najiran, sedangkan untuk program “Portal Kerjasama” adalah web kerjasama resmi pemkot Makassar,  dimana web ini bertujuan untuk memudahkan pihak-pihak yang ingin mengajukan kerjasama dengan pemkot makassar.

Selain itu, program ini untuk menyeragamkan dokumen-dokumen kerjasama yang masuk ke pemkot makassar. Aplagi, dengan adanya web tersebut waktu pengajuan dokumen bisa terealisasi dengan cepat karena lewat online.

“Ini untuk menyeragamkan dokumen-dokumen kerjasama yang masuk, dan untuk mengevisienkan waktu. Sekarang empat hari saja sudah bisa selesai dokumennya, “lanjutnya.

Sementara itu,  salah satu tim penguji, Azis Hasan,  mengatakan,  bahwa apa yang menjadi gagasan dari Kaban Kerjasama Pemkot Makassar, yakni,  Sudut Bahasa dan Portal Kerjasama sangat bagus diterapkan untuk mengembangkan kota Makassar kedepan.

“Kedua hal pokok yang gaungkan oleh Pak Najiran ini sangat bagus untuk pengembangan potensi lingkup pemkot Makassar, apalagi kota Makassar yang menuju kota dunia seperti ini,  jadi kedua program tersebut berguna untuk membuka peluang kerjasama investor di kota Makassar, “pungkasnya.

Silahkan Berkomentar