Langgar Aturan, Dirjen Dukcapil Minta Wali Kota Makassar Taati UU Adminduk

Foto:Pelantikan Pejabat Pemkot Makassar oleh PJ Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb beberapa waktu lalu.

MAKASSAR, SULSELNET.COM – Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Prof Zudan Arif Fakrulloh menyarankan kepada penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb untuk menaati aturan perundang-undangan.

Saran ini disampaikan menyusul pelantikan Kepala Disdukcapil Makassar, Nielma Palamba tanpa mengantongi izin kementerian dan surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri.

“Saran saya, wali kota taati saja undang-undang admindul dan peraturan pelaksanaannya,” tuturnya saat dihubungi SULSELNET.COM, Sabtu (3/8/2019).

Dia pun menegaskan jika pelantikan Nielma Palamba oleh penjabat wali kota tanpa mengantongi SK melangggar aturan.

“Nggak bisa, itu melanggar hukum. Biar itu diselesaikan wali kota (penjabat),” tandas Prof Zudan.

“Harus ikuti undang-undang adminduk dan permendagri 76 tahun 2015,” sambung dia.

Baru-baru ini, Kepala Disdukcapil Makassar, Nielma Palamba yang dikonfirmasi mengaku belum menerima SK Menteri pascapelantikan bersama ribuan pejabat lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

“Masih sementara diurus di kemendagri. Konfirmasiki ke BKD,” tuturnya saat dimintai keterangan pada Jumat (2/8/2019) belum lama ini.

Nielma Palamba dikembalikan pada jabatannya semulanya menyusul adanya surat yang dikeluarkan KASN dan Dirjen Otda Kemendagri. Surat itu telah dibacakan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah beberapa waktu lalu.

Akan tetapi statusnya saat ini menggantung. Nielma Palamba belum mengantongi SK Menteri untuk menggantikan Aryati Puspa Abady yang sudah seharusnya kembali menjabat sebagai Kepala Balitbangda Makassar.

Dia sendiri sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perdagangan Makassar.

“Jabatan kepala dinas catatan sipil memang harus SK yang ditandatangani langsung menteri dalam negeri,” papar Nielma Palamba.

“Saat saya tinggalkan catatan sipil (ke perdagangan) ada SK keluar dari menteri, ibu Puspa masuk juga ada SKnya,” sambungnya.

Informasi yang diperoleh, Nielma Palamba akan mulai berkantor di Disdukcapil Makassar pada Senin (5/8/2019).

Silahkan Berkomentar