Caleg Gagal dan Orang Dekat IAS Mengisi Kursi Direksi Perusda Makassar

MAKASSAR – Setelah melakukan beberapa tahapan seleksi, Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb Samad sudah mengantongi masing-masing tiga nama calon direksi perusda. Pelantikannya akan dilakukan pertengahan Januari 2020.

Panitia seleksi yang dipimpin Sittiara Kinang sudah menyerahkan hasilnya. Masing-masing tiga nama di setiap perusda.

Mereka akan ditugaskan pada tiga perusahaan daerah. Ketiganya, PD Parkir Makassar Raya, PD Pasar Makassar Raya, dan PD Terminal Makassar Metro. 

Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengatakan, SK direksi ketiga perusda tersebut akan terbit pertengahan Januari 2020 ini. 

“Dalam waktu dekat ini, dalam waktu dekat,” ujar Iqbal sambil tersenyum saat didesak wartawan. Yang dikutip dari Rakyatku.com.

“Tidak ada lagi masalah untuk itu,” lanjut dia. 

Tiga calon direksi ditetapkan berdasarkan surat keputusan pansel bernomor: 28/PAN-SEL/PERUSDA/XII/2019.

Tiga nama calon direksi PD Parkir Makassar Raya yakni Irham Syah Gaffar, Susuman Halim, dan Andi Fadly Fedriansyah.

Susuman Halim yang akrab disapa Sugali,  mantan anggota DPRD Makassar periode 2014-2019 dari Partai Demokrat. Dia deketahui merupakan orang dekat Wali Kota Makassar periode 2004-2014, Ilham Arief Sirajuddin (IAS).

Mantan anggota DPRD Makassar ikut lolos jadi calon direksi perusda. Mereka yakni Saharuddin, Nuryanto G Liwang, dan Basdir yang juga orang dekat IAS. Ditugaskan di PD Pasar Makassar Raya. 

Sementara tiga calon direksi PD Terminal Makassar Metro, yakni Arsony, Omar Abdallah Arifuddin, dan Muhammad Achyar Hamid.

Dari beberapa nama tersebut, sebagian besar merupakan Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang gagal melenggang pada periode 2019-2024.

Sekretaris Kota Makassar, Muhammad Ansar mengatakan, tiga nama itu dipastikan menjadi direksi perusda. Mereka akan berbagi posisi sebagai direktur utama, direktur umum, dan direktur operasional.

“Tinggal Pak Wali yang tentukan siapa yang jadi dirut, dirum, dan dirops,” ucap Ansar beberapa waktu lalu. (**)

Berikut daftar nama Caleg gagal yang menjadi direksi Perusda Makassar:

Irham Syah Gaffar (PDIP), Susuman Halim (Demokrat), dan Andi Fadly Fedriansyah (NasDem) untuk PD Parkir Makassar Raya.

Nuryanto G Liwang (Demokrat), dan Basdir (Demokrat) untuk PD Pasar Makassar Raya.

Sedangkan Arsony (PDIP) untuk PD Terminal Makassar Metro.

Silahkan Berkomentar