42 Orang Diutus Jemput WNI di Wuhan China

Foto:42 Orang Diutus Jemput WNI di Wuhan China (ist)

SULSELNET.COM- Sebanyak 42 orang dipilih untuk menjadi tim penjemput warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Kota Wuhan, Hubei, China. Selain menjemput WNI ke Indonesia, tim ini akan menyerahkan bantuan kepada pemerintah China dalam penanganan wabah virus Corona.

“Di dalam pesawat kita juga membawa peralatan yang diperlukan untuk pihak RRT. Beberapa yang diperlukan antara lain masker dan surgical unit. Peralatan ini akan langsung diterima pemerintah RRT melalui Hubei Charity Foundation,” kata Menlu Retno Marsudi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (1/2/2020).

Tim evakuasi ini terdiri atas TNI, Kemlu, Kemenkes, TNI, dan kru Batik Air. Retno mengatakan tim penjemput maupun WNI yang ada di Wuhan dalam kondisi sehat

Sebelum keberangkatan, mereka dilakukan serangkaian tes, sekali lagi untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi sehat. Situasi ini merupakan bukan situasi yang normal, maka kedisiplinan penanganan protokol kesehatan akan terus dilakukan,” ujarnya.

“Penanganan ini akan terus dilakukan selama perjalanan, ketibaan, dan pasca-ketibaan. Protokol kesehatan juga berlaku ketat bagi kru pesawat dan pesawat itu sendiri sesaat ketibaan,” sambungnya.

Tampak di lokasi, tim penjemput mengenakan pakaian khusus atau alat pelindung diri untuk mengantisipasi terjangkit virus Corona.

Penjemputan ini merupakan instruksi Presiden Jokowi. Nantinya 245 WNI yang dijemput akan dikarantina sekitar 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), sebelum dipulangkan ke rumah masing-masing. Selain itu, ada 5 orang tim advance yang lebih dulu berada di Wuhan dan akan ikut kembali ke Indonesia.

Sumber detik.com

Silahkan Berkomentar