Kenangan Bersama Almarhum Prof Rady A Gani

Penulis: Isradi Zainal

SULSELNET – Prof Rady A.Gani adalah sosok Rektor dan wakil rektor yang dekat dengan mahasiswa. Interaksi saya dengan beliau sangat intens saat beliau manjadi WR 1 unhas yang rektornya saat itu Prof Basri Hasanuddin. Sosoknya tegas dan kharismatis.

Banyak kenangan yang kami lalui bersama saat masih aktif sebagai mahasiswa khususnya saat kami menjadi ketua Badan Pengawas Senat Mahasiswa Unhas/Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) unhas.

Sejumlah kenangan yang masih teringat diantaranya saat beliau mewakili rektor unhas untuk mendampingi mendikbud RI wardiman saat Temu Nasional Senat Mahasiswa perguruan Tinggi.Pada saat itu istilah student Government sangat tabu bagi pemerintah orba dan tidak mengijinkannya, tapi dengan kepiawaian Prof Rady(WR 1) dan Prof Syarifuddin wahid (WR3) saat itu mampu menmpilkan ketua Badan Pengawas Senat Mahasiswa yang saat itu saya jabat, sebuah istilah kelembagaan yang secara internal kampus bernama Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) yang saat itu dalam kapasitas selaku ketua Keluarga Mahasiswa Universitas Hasanuddin (KMUH).

KMUH dengan Majelis Mahasiswa dan Senat Mahasiswa, merupakan konsep Student Government yang paling eksis di Indonesia saat itu.

Tampilnya ketua Majelis Mahasiswa Unhas di forum saat pembukaan bukannya membuat Mendikbud wardiman geram, malah tanpa sadar berkali kali menyampaikan rasa hormat kepada ketua Majelis Mahasiswa unhas.

Kenangan lain bersama Prof Rady adalah saat beliau mendampingi Menristek BJ Habibie keliling kampus termasuk melihat fasilitas lab fakultas teknik uh, saat tiba diperkapalan, tanpa sengaja saya bertemu dengan beliau yang lagi mendampingi Prof Habibie, beliau berhenti sejenak dan memanggil saya lalu dipekenalkan ke Habibie sebagai Pimpinan Mahasiswa Unhas. Selamat jalan Prof, petuah dan ketauladanannmu akan kami warisi.(**)

Silahkan Berkomentar