Kemendagri Ajak Lembaga Think Tank Evaluasi Pilkada secara Komprehensif

SULSELNET.COM, JAKARTA – Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP), bertemu dengan lembaga litbang independen, untuk membahas kolaborasi kajian evaluasi pemilihan kepala daerah (pilkada) yang dihelat di Ruang Sidang Utama Gedung A Kantor Kemendagri, Jumat (6/5/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Plt. Kepala BPP Kemendagri, Agus Fatoni beserta jajarannya, Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga, dan perwakilan dari Ditjen Otonomi Daerah, serta Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum.

Hadir pula sejumlah lembaga think tank independen, seperti dari Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol UI), Litbang Kompas, Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Perhimpunan Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi Sosial (LP3ES), serta Centre for Strategic and International Studies (CSIS).

Plt. Kepala BPP Kemendagri, Agus Faton menuturkan, kerja sama ini merupakan upaya BPP menghasilkan kajian yang objektif terkait pilkada.

“Lembaga litbang yang terlibat dapat berperan di berbagai sisi, dan isu yang diambil tak tumpang tindih,” ucapnya

Staf Khusus Mendagri, Kastorius Sinaga menambahkan, Kemendagri tidak ingin mencampuri muatan evaluasi pilkada yang dilaksanakan lembaga independen tersebut.

“Kemendagri hanya berperan sebagai pendukung anggaran, agar kajian berlangsung maksimal,” jelas Kastorius.

Sementara itu, lembaga litbang yang hadir menyambut baik kerja sama tersebut. Masing-masing dari mereka memaparkan beragam isu ihwal pilkada yang dinilai krusial untuk disoroti. (**)

Silahkan Berkomentar