Dosen UNM Adaptasi Siswa di Pinrang Belajar Melalui Teknologi Media Sosial

MAKASSAR, SULSELNET.COM- Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) berupaya mengadpatasi siswa di berbagai daerah, salah satunya di Kabupaten Pinrang untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam proses belajar-mengajar.

Dr Andi Agussalim AJ, Dr Hasriani, Dr Abdul Azis yang tergabung dalam program kemitraan masyarakat (PKM) UNM mengadakan pelatihan pembuatan konten video youtube materi pertujuan prosa lirik.

Pelatihan tersebut dilakukan bukan tanpa sebab, akan tetapi siswa semakin dituntut untuk berinovasi dan berkreasi menggali potensi budaya lokal (salah satunya pertunjukan prosa lirik) dalam mengikuti perubahan zaman, suatu perubahan atas kemajuan teknologi dan informasi. Meskipun pelatihan ini digelar tanpa bersemuka secara langsung atau digelar melalui pertemuan daring via aplikasi pembelajaran zoom, para peserta tampak antusias mengikuti proses kegiatan sampai selesai.

” Ini juga kami lakukan untuk mendorong para generasi muda di daerah untuk mempertahankan budayanya melalui pemanfaatan teknologi,” ungkap Dr Agussalim AJ, Minggu (9/8/2020).

Dr Andi Agussalim AJ menambahkan secara spesifik alasan dilakukannya pelatihan pembuatan konten youtube tersebut.

“Para siswa belum sepenuhnya mengenal aplikasi media video youtube dan konten-konten pembelajarannya. Belum mengenal sajian materi pertunjukan prosa lirik Bugis. Belum terlatih dalam mengambil konten gambar/video materi pertunjukan prosa lirik Bugis. Belum terlatih dalam hal pengeditan dan finalisasi konten gambar/video materi pertunjukan prosa lirik Bugis. Belum terlatih dalam melakukan koneksi konten video ke youtube,” terangnya.

Diketahui, UNM sejak dulu sampai saat ini tengah gencar menugaskan sivitas akademikanya melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu wujud tri dharma perguruan tinggi. UNM saat ini tengah melancarkan PKM yang fokus terhadap adaptasi pembelajaran di era keberlimpahan, terutama kepasa siswa-siswa yang akan melangkah ke perguruan tinggi.

Silahkan Berkomentar