Mahasiswa Geografi UNM Digitalisasi Tiga Desa di Kabupaten Takalar Melalui MKBM

MAKASSAR, SULSELNET.COM- Mahasiswa program Studi Pendidikan Geografi dan Progran Studi Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (FMIPA UNM) melaksanakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Belajar (MBKM) yang berlangsung di Kantor Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar pada Rabu, 2 september 2020 lalu.

Kegitan ini dihadiri langsung oleh dekan FMIPA UNM, Suwardi Annas menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk menyambut era kenormalan baru yang membutuhkan kecakapan teknologi, khusunya bagi masyarakat pedesaan.

” Jadi, kegiatan secara spesifik membangun tiga desa mitra, yaitu Desa Pa’rappunganta, Desa Lassang Barat dan Desa Balangtanaya yang diikuti oleh 74 peserta dengan pembimbing lapangan 14 dosen. Kegiatan ini akan berlangsung selama kurang lebih 6 bulan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan penarikan dari lokasi kegiatan,” ungkap Dekan FMIPA UNM, Suwardi Annas saat memberikan sambutannya.

Sementara itu, Camat Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar, Muhammad Rusdin yang menerima pihak FMIPA UNM menyambut baik program MKBM.

“kami sangat mengapresiasi dan siap setiap saat menerima konsultasi dan diskusi tentang program yang dijalankan oleh mahasiswa program merdeka belajar kampus merdeka,” ujarnya.

Ketua Jurusan Geografi FMIPA UNM, Uca menjelaskan bahwa program MKBM dilaksanakan sejumlah kegiatan. Namun kata dia, ada kegiatan utama atau primer.

“Kegiatan utama yang dilaksanakan mahasiswa dalam MKBM Jurusan Geografi FMIPA UNM adalah Digitalisasi Peta Desa menuju desa cerdas dan tidak menutup terdapat program tambahan sesuai dengan kebutuhan di desa tersebut,” terangnya.

Sekadar diketahui program MKBM melibatkan dua Prodi di Jurusan Geografi, yaitu Prodi Pendidikan Geografi dan Prodi Geografi. Prodi Pendidikan Geografi dipimpin oleh Erman Syarif dan Prodi Geografi dipimpim oleh Amal.

Silahkan Berkomentar