Peringati Hut Damkar, Mendagri RI Sebut Kota Makassar Jadi Percontohan Smart City di Indonesia

MAKASSAR, SULSELNET.COM – Program Smart City yang dimiliki oleh kota Makassar bisa menjadi percontohan bagi semua daerah yang ada di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian saat melakukan virtual dengan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto di acara peringatan Hari Ulang Tahun ( HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) ke 102, di Kantor Balaikota Makassar, Senin, (28/2/2021).

Menurut Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, dengan program Smart City yang dimiliki Kota Makassar itu bisa menjadi percontohan bagi daerah lain. Ia mengaku kagum dengan dengan inovasi Smart City Kota Makassar yang dipimpin oleh Danny Pomanto tersebut.

“Kota Makassar adalah kota yang pertama memiliki teknologi Smart City. Inovasi ini yang bisa mengawasi setiap sudut kota. Jadi dengan adanya inovasi smart city di Kota Makassar kita bisa menangani musibah kebakaran lebih baik lagi. Inovasi ini bisa menjadi pelajaran bagi kota-kota lain, mudah-mudahan dengan segala inovasi yang dimiliki bisa bermanfaat bagi kita semua. “jelas Tito.

Dia mengaku bahwa kota Makassar adalah kota pertama memiliki sistim Smart City yang canggih. Meski, sekarang sudah ada juga d daerah lain yang punya, namun Kota Makassar yang lebih baik inovasinya.

“Saya pernah datang kesana Kota Makassar adalah yang pertama punya Smart City, jadi kalau ada kebakaran bisa cepat diketahui dengan adanya Smart City tersebut, dan ide pertama memang dari makassar. “lanjut Tito.

Sementara Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto berterimah kasi atas segala dukungan dari pemerintah pusat, khususnya kepada Mendagri RI, Tito Karnavian. Dengan adanya program Smart City yang dimiliki oleh Kota Makassar, maka itu akan dimanfaatkan untuk menjadi penunjang dalam rangka menangani bencana kebakaran nantinya.

“Kami akan memanfaatkan sistim smart city dalam rangka mengantisipasi kebaran yang terjadi. Kami akan terus meningkatjan sistim penaganan kebakaran dengan inovasi Smart City yang kami miliki dan kami juga akan maksimalkan pelayanan 112 demi melayani masyarakat di kota Makassar.

Olehnya dengan inovasi yang miliki pemerintahan kota Makassar akan terus meminta masukan dan dukungan dari pemerintah pusat demi pelayanan publik yang lebih baik lagi.

“Terimah kasi atas dukungannya Pak Mendagri, mohon petunjuknya pak, Insya Allah kota makassar akan terus memperbaiki diri, termasuk di dalamnya memperbaiki resciu penangan kebakaran. Selain inovasi, kami juga akan memperbaiki SDM kami kedepan.”ungkapnya. (**)

Silahkan Berkomentar