Sambut Hari Lahir Pancasila, Mahasiswa KKN UM Dorong Literasi Di Pedesaan Lewat Kegiatan Damar Karung

MALANG, SULSELNET.COM- Minggu, 30 Mei 2021, Kelompok KKN Tematik JSI, UM melaksanakan kegiatan Damar Karung untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam menyambut peringatan hari lahirnya Pancasila.

Kegiatan ini merupakan rangkaian penutupan selama pelaksanaan KKN di Desa Sukolillo Jabung. Kegitan Workshop Damar Kurung dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

“Kegatan ini dilakukan untuk menambah wawasan tentang keberagaman budaya nusantara. Damar Kurung merupakan salah satu simbol Kabupaten Gresik yang merupakan warisan budaya Gresik. Damar berarti pelita atau lampu, sedangkan kurung atau kurungan dapat diartikan sebagai tempat tinggal hewan atau kandang yang mirip dengan sangkar burung. Damar kurung ini merupakan lampion berbentuk kubus yang digantung. Sekilas bentuknya memang mirip seperti sangkar burung. Kubus tersebut dilapisi dengan kertas bergambar. Adapun motif gambarnya bermacam-macam. Namun biasanya gambar tersebut berhubungan dengan kota Gresik atau kegiatan ibadah umat Islam. Lukisan Damar Kurung sendiri dipromosikan oleh Bapak Masmundari (Alm.),” jelas salah satu mahasiswa KKN UM.

Tampak puluhan warga dan adik-adik sangat antusias mengikuti acara tersebut Meskipun demikian acara ini terlihat tetap menerapkan protokol kesehatan sedari awal hingga berakhirnya acara. Panitia juga membagikan masker kepada warga dan adik-adik secara gratis.

Sebelum kegiatan dimulai, anak-anak diajak untuk bermain oleh para panitia dalam hal ini anggota kelompok KKN Tematik Desa Sukolilo. Anak-anak diajak untuk bernyayi sambil menari dipandu oleh panitia, sambil menggiring anak-anak sebagai peserta untuk masuk pada kegitan inti dari acara ini.

Panitia menjelaskan secara singkat tentang Damar Kurung. Selain itu, panitia juga sekaligus menanamkan nilai-nilai Pancasila agar melalui kegiatan ini selain menambahkan wawasan terkait keberagaman budaya nusantara juga anak-anak dapat mengetahui betapa pentingnya nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan berikutnya dengan memberi kesempatan kepada para peserta untuk membuat berbagai macam lukisan dan gambaran berdasarkan imaginasi yang bertema Pancasila dan NKRI.

Anak-anak tampak sangat antusias dalam membuat dan menyelesaikan karya masing-masing. Dari beberapa anak yang mengikuti kegiatan tersebut ada anak yang menggambar bendera Indonesia, ada juga yang menggambar burung garuda dan karya lainnya yang berkaitan dengan tema Pancasila. Pada akhir kegiatan peserta diminta untuk menyampaikan  pesan dan kesan dari kegiatan tersebut. Kegiatan Workshop Damar Kurung yang dilaksanakan di Gubuk Baca Gading Alit ini juga sebagai kegiatan penutupan KKN JSI Universitas Negeri Malang.

Citizen Reporter: Aminah Rizqi Fadila

Silahkan Berkomentar