Rektor IAIN Palopo Minta Lembaga Kemasiswaan Jadi Ladang Prestasi, WR III UNM Jadi Narasumber FGD

MAKASSAR, SULSELNET.COM–Untuk meningkatkan sinergitas dan produktifitas pembina dan pengurus lembaga kemahasiswaan dan untuk tercapainya Renstra kampus. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar Focus Group Discussion (FGD) kelembagaan mahasiswa 26-29 Desember 2021.
FGD IAIN Palopo berlangsung di Grand Asia Hotel Makassar dan secara resmi dibuka oleh Prof Dr Abdul Pirol selaku rektor. Dalam sambutannya, Abdul Pirol mengatakan bahwa lembaga-lembaga kemahasiswaan yang ada di kampus adalah wadah atau tempat menyalurkan prestasi dan mengasah hobi.

“Jadi lembaga tersebut adalah tempat mengasah prestasi-prestasi akademik dan non akademik. Selain itu lembaga ini harusnya menjadi tempat menguatkan karakter akhlakul karimah,” ucap Abdul Pirol.

Abdul Pirol menekankan bahwa kegiatan kemahasiswaan harus mampu mendorong jiwa patriotisme dan nasionalisme atau dasar-dasar kepemimpinan dan kegiatan kemahasiswaan yang masih dalam konteks harus berkontribusi secara akademik yang khas untuk perguruan tinggi.

“IAIN Palopo memandatory dua hal: integrasi keilmuan dan moderasi beragama. sehingga pengurus dan pembina lembaga kemahasiswaan harus mempunyai literasi di sini.” bebernya.

Berdasarkan laporan dari Panitia, Arifuddin Tambong, MM, menyebutkan bahwa narasumber dalam FGD tersebut adalah Amiruddn Kuba, MA, Kepala Seksi Kemahasiswaan Diktis Kemenag RI, Prof Dr Sukardi Weda, M.Hum., MPd., MSi., M.M., M.Sos.I., M.A.P, Wakil Rektor III UNM, Dr. H. Amar Ahmad, M.Si, Seksi Pengembangan Deputi Pemuda Kemenpora RI.

Sementara diketahui peserta FGD adalah masing-masing perwakilan pembina dan pengurus lembaga kemahasiswaan UKK dan UKM IAIN Palopo, turut pula hadir Dekan, Wadek dan Ketua Prodi Fakultas. Wakil Rektor III, Dr Muhaemin, MA, selaku kordinator FGD.

Silahkan Berkomentar