Lelang 65 Unit Randis, Pemkot Makassar Raup Rp 632 Juta

MAKASSAR, SULSELNET.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berhasil menjual 65 unit kendaraan dinas (randis) bekas dari total 109 unit kendaraan yang dilelang. Dari hasil lelang tersebut pemerintah kota meraup Rp632 juta.

Kepala Bidang Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar, Rachmat Azis, menyebut, jumlah 109 <span;>randis yang dilelang itu terdiri dari kendaraan roda empat (R4) sebanyak 44 unit dan kendaraan roda dua roda dan tiga (R2/R3) sebanyak 65 unit.

“Adapun hasil lelang pada Desember 2021 lalu, ada 56 unit terjual dengan total nilai penjualan sebesar Rp396.119.294,” beber Rachmat Azis, Rabu (5/1/2022).

Dipelaksanaan lelang lanjut Rachmat, terbagi menjadi tiga paket penjualan. Paket I roda empat dan roda dua sebanyak 66 unit. Peket II jenis roda empat dan roda tiga sebanyak 31 unit. Lalu kemudian paket III sebanyak 12 unit roda dua dan roda tiga dijual dalam bentuk scrap/rongsokan/besi tua.

Rahmat kembali menerangkan, ada 10 unit di paket I tidak terjual lantaran tidak ada penawaran. Salah satu faktornya adalah harga jual yang terbilang tinggi.

“Ada juga satu unit dalam paket I terjual namun dinyatakan wanprestasi. Pemenang dibatalkan karena tidak melakukan pelunasan hasil lelang sampai batas waktu yang ditentukan.” ucapnya.

Dia menambahkan kendaraan dinas yang tidak terjual akan kembali dilelang di tahap kedua dengan menurunkan nilai limitnya. Rencananya dilakukan pada Februari-Maret 2022.

“Kami sudah menyiapkan surat edaran pengusulan penjualan dari SKPD. Semoga responnya cepat sehingga bulan Februari atau awal Maret sudah bisa lelang lagi,” pungkasnya (Ilho)

Silahkan Berkomentar