Temukan Korban Tenggelam, Dansat Brimob Polda Sulsel: Sudah Tugas dan Kewajiban Anggota Polri

MAKASSAR, SULSELNET.COM- Tim SAR gabungan telah berhasil menemukan korban tenggelam di Pantai Anging Mammiri. Tim SAR gabungan yang melaksanakan operasi pencarian terdiri dari Tim SAR Brimob Polda Sulsel, Tim SAR Basarnas dan Tim Evakuasi Damkar Kota Makassar.

Senin, (17/1/2022). Di hari ketiga pelaksanaan pencarian korban tenggelam, Tim SAR kembali berhasil menemukan satu korban bernama Fahmi (14). Sementara satu korban bernama Alim (15) berhasil ditemukan lebih dulu.

Baca:

Diketahui, kedua korban sempat dilaporkan hilang setelah terseret ombak di Pantai Anging Mammiri pada Minggu, 16 Januari 2022. Keduanya datang ke tempat permandian di Jalan Metro Tanjung Bunga untuk menghadiri acara ulang tahun rekannya.

Menindak lanjuti kejadian tersebut, atas perintah Dansat Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Heru Novianto, Danyon A Pelopor Kompol Sapari, memerintahkan Tim Siaga SAR tuk ke lokasi. Mereka diminta melakukan pencarian terhadap korban tenggelam bersama potensi SAR lainnya.

Dalam proses pencarian korban tenggelam, hari pertama, SAR sempat mengalami kendala dikarenakan tingginya ombak dan cuaca yang ekstrim. Pencarian kemudian dilakukan keesokan harinya dengan menggunakan perahu karet.

Setelah dua hari pencarian korban dengan melakukan patroli menggunakan perahu karet serta menyusuri laut secara manual dari titik korban pertama kali hilang. Tim SAR Batalyon A Pelopor bersama Basarnas dan tim eveluasi Damkar Makassar berhasil menemukan korban. Ini dibenarkan oleh Komandan Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Sulsel, Kompol Sapari.

“Atas perintah Dansat Brimob Polda Sulsel, Saya telah menerjunkan personel untuk melakukan pencarian terhadap korban tenggelam,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya akan terus berusaha menolong warga yang ditimpa musibah dengan kemampuan yang dimiliki sebagai wujud nyata dari Bhakti Brimob, walaupun di tengah pandemi covid-19 yang sedang terjadi.

“Walaupun saat ini kita tengah berada pada pandemi Covid-19 takkan menyurutkan tekad kami untuk memberikan pertolongan kepada warga yang tertimpa musibah salah satunya dengan melakukan pencarian terhadap korban tenggelam,” jelas Kompol Sapari.

Dalam kesempatan terpisah Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Heru Novianto mengatakan, sudah menjadi tugas dan kewajiban sebagai anggota Polri untuk bekerja keras mengababdikan diri kepada bangsa dan masyarakat.

“Setiap ada musibah atau kejadian yang memerlukan kehadiran anggota Polri harus bisa hadir dengan cepat dan memberikan bantuan,” katanya.

Kombes Pol Heru, menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Sulsel untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Sulsel dalam hal ini di wilayah Kota Makassar, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan Masyarakat dalam penanganan Bencana,” pungkas Kombes Pol Heru Novianto. (*)

Silahkan Berkomentar