Gerak Cepat SAR Satbrimob Polda Evakuasi Pohon Tumbang

MAKASSAR, SULSELNET.COM – Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Kota Makassar mengakibatkan pohon tumbang depan Rumah Sakit (RS) Labuang Baji Jalan Dr Ratulangi, Rabu (19/1) siang.

Menerima informasi terjadi pohon tumbang yang ambruk melintang di ruas jalan dan menimpa kendaraan, Danyon A Pelopor Kompol Sapari mengambil gerak cepat menurunkan tim SAR Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel ke lokasi. Tim SAR dipimpin oleh Ipda Muh Fadly Said.

Baca juga

Dibekali dua unit mesin pemotong kayu (Chain Saw), SAR Brimob Polda bersama tim Damkar Makassar bersama-sama mengevakuasi batang pohon yang ambruk hingga menutupi ruas jalan. Proses evakuasi dan pembersihan berlangsung sekitar 30 menit. Arus lalulintas yang tadi macet sekitar lokasi akhirnya kembali normal.

“Saat kami menerima laporan tentang adanya pohon tumbang menutupi badan Jalan DR Ratulangi, tim SAR yang siap siaga di posko langsung diturunkan ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi batang pohon agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat,” beber Kompol Sapari, Komandan Batalyon Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel.

Menurut Sapari, tim SAR Brimob Batalyon A Pelopor harus selau siap siaga dan bergerak cepat memberikan pelayanan ke masyarakat. Tentu semua itu dilakukan dengan ikhlas karena merupakan wujud implementasi motto Brimob yaitu Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan dan Bhakti Brimob Untuk Masyarakat.

“Sehingga kapan pun dan dimana pun dibutuhkan, Brimob Polri Selalu hadir ditengah-tengah masyarakat,” tegasnya.

Kemudian dia menambahkan, Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel telah mendirikan posko SAR yang bersiaga selama 24 jam penuh dalam seminggu untuk mengantisipasi kejadian-kejadian bencana.

“Sebagai wujud dari bhakti Brimob untuk masyarakat, kami telah menyiagakan tim SAR yang standby di posko Mako Batalyon A Pelopor selama 24 jam penuh. Apabila suatu waktu ada laporan atau informasi tentang kejadian yang membutuhkan kehadiran tim SAR, maka personel kami akan segera hadir di lokasi kejadian,” sambungnya.

Sementara Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Heru Novianto, mengatakan tim SAR Satbrimob Polda Sulsel telah disiapkan untuk mengantisipasi kejadian bencana baik itu di darat maupun di air. Tim SAR telah ada di setiap Batalyon Pelopor dan Detasemen Gegena.

“Bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan dari tim SAR dapat segera menghubungi kantor kami,” seru Kombes Pol Heru Novianto.

Dia menambahkan, Satbrimob Polda Sulsel akan terus berupaya agar kondusivitas Kamtibmas tetap terjaga utamanya dalam hal penanganan bencana alam atau musibah yang disebabkan faktor alam.

“Kami telah berkomitmen untuk terus hadir di tengah-tengah masyarakat demi mewujudkan bhakti Brimob untuk Indonesia utamanya dalam hal penanganan bencana alam dan musibah lainnya yang disebabkan faktor alam sehingga resiko terjadinya korban dapat diminimalisir sekecil mungkin,” ucapnya. (AI)

Silahkan Berkomentar