Pantau Kenaikan Harga Bahan Pokok, Disdag Makassar Gandeng OPD dan Tim Pengendali Inflasi

MAKASSAR, SULSELNET.COM – Dinas Perdagangan (Disdag) Makassar bersama Tim Pengendali Inflasi turun melakukan pantauan harga serta persediaan bahan kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional. Salah satunya di Pasar Terong Makassar, Rabu (19/1/2022).

Kepala Disdag Makassar, Arlin Ariesta mengatakan, operasi pasar yang dilaksanakan sebagai upaya menjaga stabilitas harga dan memastikan persediaan bahan kebutuhan pokok aman. Baik di tingkat produsen, grosir maupun eceran.

Baca juga

“Sudah menjadi kegiatan rutin dilakukan terkait dengan kenaikan harga bahan pokok dan bahan penting dalam rangka menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasar-pasar. Apalagi akhir-akhir ini setelah kuartal ke tiga dari tahun 2021 banyak bahan pokok mengalami fluktuasi yang sangat signifikan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari Dinas Ketahanan Pangan, Bagian Perekonomian, Pengendali Inflasi termasuk juga Disdag Makassar mengambil langkah untuk melakukan pemantauan pasar.

“Ada eberapa tim yang turun hari ini, dari Dinas Ketahanan Pangan, Bagian Perekonomian Daerah dan Tim Pengendali Inflasi. Selanjutnya dari hasil pemantauan hari ini akan dilaporkan dan dianalisa apa yang ditemukan di lapangan untuk membuat skema kebijakan,” lanjutnya.

Sebagaimana diketahui dari hasil pantauan tadi, komoditas yang masih cukup tinggi adalah ayam potong dan minyak goreng.

“Inilah yang akan dilihat skema kebijakan subsidi yang digelontorkan pemerintah pusat. Sangkutannya mengenai harga tinggi itu terkait dengan bagaimana produksinya. Kedua Distribusinya dan ketiga terkait bagaimana spekulan permainan harga. Untuk distribusi kami akan coba lakukan koordinasi dengan semua pihak termasuk kepolisian untuk memantau atau mengecek dimana  alurnya yang macet,” tambahnya. (AI)

Silahkan Berkomentar