Lampaui Target Pendapatan, Dishub Optimis PAD Makassar Tercapai Akhir Tahun

MAKASSAR, SULSELNET.COM- Target pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi uji kelaikan jalan kendaraan (KIR) di Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar telah tercapai. Per Januari 2022, realisasi capaian pendapatannya sudah 8,46 persen atau di angka Rp260.000.000 per Januari.

Capaian angka Rp260.000.000 di awal tahun ini pun disebut melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp2.40.000.00 per bulan. Pencapaian pendapatan dari sektor riil pengujian KIR melekat pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengajuan Kendaraan Bermotor (UPTD-PKB) akan terus melaju naik.

Baca juga :

“Melihat aktivitas masyarakat meningkat dan peningkatan volume kendaraan melakukan uji KIR dalam Terminal Daya mulai ramai, maka kami optimis target PAD di akhir tahun mampu kami capai. Sekarang saja di awal tahun ini capaian sudah melampaui dari target 2,40.000.00 per bulan, yang realisasi kini Rp260.000.000 per Januari,” urai Kepala UPTD-PKB Dishub Makassar, Azis Sila, Selasa (25/1).

Tingginya kesadaran masyarakat khususnya kelompok dari pengusaha mengenai pentingnya melakukan Uji KIR setiap kendaraan, menjadi salah satu faktor yang memengaruhi pendapatan setiap bulan. Sehingga sosialisasi yang masif dilakukan kepada pengusaha angkutan tidaklah percuma.

“Kami aktif memberikan pemehaman atau sosialisasi pada penguhasa mengenai pentingnya keselamatan berkendara. Setiap kendaraan wajib uji untuk memastikan apakah kendaraan layak beraktifitas di jalan,” terangnya.

Di tempat terpisah Kadis Perhubungan Makassar, Iman Hud mengatakan, pencapaian pendapatan dari sekor uji KIR di UPTD-PKB menjadi bukti nyata keseriusan dalam bekerja memberikan kontribusi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar dari sektor Uji KIR.

“Apa yang dicapai UPTD-PKB Uji KiR itu berkat keseriusan bekerja. Mulai dari memberikan sosialisasi ke pengusaha-pengusaha tentang pentingnya uji kelayakan kendaraan dan target peningkatan PAD Makassar,” tegasnya. (AI)

Silahkan Berkomentar