USAID CCBO Tertarik Kelola Sampah di Kota Makassar

MAKASSAR, SULSELNET.COM – Pengelolaan persampahan di Kota Makassar berhasil menarik perhatian dan minat bagi pihak untuk bekerja sama. Berbukti dari pihak USAID CCBO (Clean Cities, Blue Ocean) datang menemui langsung Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di kediamannya di Jalan Amirullah, Selasa (01/02/2022).

Melalui Direktur USAID CCBO, Dr Tiene Gunawan datang menemui Danny, panggilan akrab Wali Kota Makassar tuk menawarkan kerja sama mengenai pengelolaan sampah di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan.

Menanggapi maksud tujuan kedatangan perwakilan USAID, Danny menjelaskan pengelolaan persampahan di Makassar telah masuk pada tahap lelang dan kini segera diumumkan.

“Jadi sudah ada lelang. Kami sangat berterima kasih untuk penawaran yang sangat baik ini,” jawabnya.

Walau begitu, kata Danny tidak menutup akses kerja sama dan meminta pihak USAID untuk bekerja sama pada sektor ahli west plannya. Karena pihak USAID zalah satu ahlinya bidang tersebut. Konsep PSL sendiri nantinya mengambil sampah dari sumber rumah-rumah.

“Sampah dari TPA juga. Konsep ini belum ada di Indonesia  dan dengan menggunakan konsep ini TPA akan kosong dan 12 tahun akan datang maksimal. Syukur-syukur 10 tahun dan bisa kita buatkan RTH,” jelasnya

Danny menambahkan jika luas tanah TPA sebesar 23,3 Ha cukup besar dan dengan adanya PSL ini pihak Pemerintah Kota Makassar tidak perlu lagi mencari pembebasan lahan baru yang sama untuk pembangunan RTH.

“Itu menguntungkan bagi kita semua,” pungkasnya. (*)

Silahkan Berkomentar