Sambangi FBS UNM, Delegasi UM Rintis Kerjasama dan Bagikan Kiat Akreditasi Internasional

MAKASSAR, SULSELNET.COM–Delegasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PSPBI) dari Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (FS UM), hari ini berkunjung ke Kampus Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (FBS UNM) sebagai tamu PSPBI, Jurusan Bahasa Inggris, FBS UNM.

Dipimpin Prof. Utami Widiati, Dekan FS UM, delegasi berjumlah delapan orang itu hadir di Ruang Rapat Senat FBS UNM Kampus Parangtambung, dan disambut penuh kehangatan oleh Dekan FBS UNM, Prof. Syukur Saud dan jajaran pimpinan di lingkungan FBS UNM. Unsur-unsur pimpinan yang hadir tatap muka termasuk para wakil dekan, ketua jurusan, sekretaris jurusan, dan ketua program studi se-FBS UNM, sementara sekitar 30 orang dosen lainnya hadir secara daring melalui aplikasi Zoom.

Dalam laporannya di awal acara, Ketua PSPBI Chairil Anwar Korompot, menyampaikan bahwa kehadiran delegasi UM merupakan perwujudan kerjasama antara UM dan UNM, dua di antara Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) alias pencetak guru dan tenaga kependidikan terkemuka di Indonesia.

UM yang menjadi almamater dari banyak guru besar dan dosen senior di FBS UNM, adalah mercusuar dan rujukan dalam bidang pendidikan dan pelatihan keguruan di Indonesia sejak kemunculan cikal-bakalnya, Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Malang, pada awal tahun 1950an. Karena itu, kehadiran delegasi UM di UNM memberikan kesempatan belajar dan kerjasama yang sangat bermanfaat bagi PSPBI FBS UNM.

Dalam kesempatan ini ketua delegasi Prof. Utami Widiati berkenan menjadi narasumber dalam seminar dan workshop yang diadakan oleh PSPBI FBS UNM terkait program kerjasama antar-LPTK dan akreditasi internasional. Selaku Dekan FS UM, Prof. Utami adalah tokoh sentral di balik keberhasilan tujuh program studi kebahasaan dan sastra pada jenjang S1, S2, dan S3 di UM yang meraih akreditasi internasional oleh AQAS, sebuah lembaga akreditasi perguruan tinggi internasional berbasis di Jerman. Karena itu, kiat-kiat UM meraih prestasi gemilang yang dibagikan Prof. Utami itu disambut sangat antusias oleh para peserta kegiatan, termasuk Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNM, Prof. Sukardi Weda, guru besar Jurusan Bahasa Inggris FBS UNM, yang sempat mengajukan komentar dan pertanyaan.

Kehadiran delegasi UM hari ini juga dimanfaatkan dengan baik oleh PSPBI FBS UNM untuk merintis upaya kerjasama antar-prodi dengan UM melalui penandatanganan nota kesepakatan. Nota berisi tujuh bentuk kerjasama tersebut ditandatangani oleh Prof. Syukur Saud selaku Dekan FBS UNM dan Prof. Utami Widiati selaku Dekan FS UM, disaksikan seluruh peserta, baik yang hadir di dalam ruangan maupun yang menyimak via Zoom di tempatnya masing-masing. Kedua dekan, dalam sambutan mereka masing-masing, menekankan pentingnya mewujudkan poin-poin kerjasama itu dengan kegiatan-kegiatan yang konkrit agar dapat mendukung pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sebelum acara berakhir, salah satu anggota delegasi UM Dr. Yusnita berkesempatan memberikan paparan singkat tentang pelaksanaan tiga konferensi sekaligus yang akan diadakan di UM pada tahun ini. Ketiganya adalah Konferensi AsiaTEFL ke-20, Konferensi Internasional TEFLIN ke-68, dan Konferensi INELTAL ke-5 pada tanggal 5-7 Agustus 2022.

Acara yang sangat mencerahkan dan penuh silaturahim ini diakhiri dengan pertukaran cenderamata, foto bersama, kunjungan ke kantor Jurusan Bahasa Inggris FBS UNM, dan makan siang.

Silahkan Berkomentar