Bapenda Makassar Menghadiri Kegiatan Bimbingan Teknis PPID Kota Makassar

MAKASSAR, SULSELNET.COM – Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar berpartisipasi dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Makassar yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar bekerja sama dengan USAID ERAT.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan layanan informasi publik yang terbuka, inklusif, dan partisipatif. Acara tersebut dilaksanakan di Hotel Best Western Plus Makassar selama dua hari, mulai tanggal 8 hingga 9 Juni 2023.

Kehadiran Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar dalam bimbingan teknis ini merespons hasil monitoring dan evaluasi kinerja keterbukaan informasi publik Kota Makassar yang dilakukan oleh Komisi Informasi Publik (KIP) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Hasil monitoring tersebut menunjukkan bahwa keterbukaan informasi publik Kota Makassar masih kurang informatif, dengan angka sebesar 43,7%. Oleh karena itu, Diskominfo mengajak seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi PPID.

Acara tersebut dihadiri oleh Pahir Halim dan Dr. Khaerul Mannan, Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan, serta Baharuddin Solongi dari USAID ERAT Kota Makassar.

Selain itu, Aida Marindah, Kasubag Umum dan Kepegawaian Bapenda Makassar, serta operator PPID dari setiap SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Makassar juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Diharapkan bahwa kegiatan Bimbingan Teknis PPID ini dapat memperkuat kelembagaan dan sarana prasarana PPID di Badan Publik Kota Makassar dalam pelayanan informasi publik.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong implementasi efektif Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, memastikan pemenuhan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas, memberikan standar bagi Badan Publik dalam melaksanakan pelayanan dan dokumentasi publik di Kota Makassar, menyusun daftar informasi publik, meningkatkan pemahaman dan proses penanganan pencarian informasi, serta menyusun rencana tindak lanjut dalam menerapkan informasi di Kota Makassar. (**)

Silahkan Berkomentar