Launching Perpustakaan Keliling di Untia, PPK OMAWA LDF SC AL FURQAN BEM FIS-H UNM Tuai Pujian

MAKASSAR, SULSELNET.COM – Membaca tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Kegiatan membaca memiliki banyak manfaat, seperti ucap pepatah bahwa buku adalah jendela dunia. Membaca menjadi kunci untuk mengetahui informasi.

Dalam meningkatkan minat baca dan literasi di Kelurahan Untia, PPK ORMAWA LDF SC AL FURQAN BEM FIS-H UNM luncurkan Perpustakaan Keliling Untia (PKU) di Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar (11/9/2023).

Launching Perpustakaan Keliling Untia (PKU) tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan IV Bidang Perencanaan, Pengembangan Kerjasama Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM, Sekretaris Dinas Perpustakaan Kota Makassar,
Kepala Bidang Pengembangan Koleksi dan Perawatan Bahan Pustaka, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Makassar, Sekretaris Lurah Untia, Perangkat Kelurahan Untia, Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Kelurahan Untia, Kepala Sekolah dan Guru-guru SD Lae-Lae 2, BPSDM Sulawesi Selatan, BABINSA Kelurahan Untia, RW dan RT Kelurahan Untia, Imam Kelurahan Untia, PKK Kelurahan, Toko Kepemudaan, Toko Agama, dan Masyarakat dan anak-anak Sekolah Kelurahan Untia.

Perpustakaan Keliling tersebut diresmikan dan dilaunching bersama oleh ibu Prof. Dr. Hj. A. Kasmawati, M.Hum. Wakil Dekan IV FIS-H UNM didampingi oleh Sekretaris Perpustakaan Kota Makasar, Dinas Pendidikan Kota Makassar, dan diterima langsung oleh Sekretaris Lurah Untia dan Ibu LPM, dengan penuh harapan selain meningkatkan minat baca juga akan membantu masyarakat dan juga anaknya.

“Terima kasih atas datangnya Tim ORMAWA LDF SC AL FURQAN BEM FIS-H UNM. Luar biasa sekali kerjanya dan saya apresiasi sebesar-besarnya. Dan paling bersyukurnya dihadirkan Perpustakaan Keliling di Kelurahan Untia. Apalagi anak-anak lebih suka main Handphone dan kurang gemar membaca terlebih lagi malas datang ke Perpustakaan. Maka datangnya PKU ini mampu mengunjungi langsung masyarakat/anak-anak. Sehingga mampu menjadi solusi meningkatkan literasi dan minat baca di kelurahan Untia.” ungkap Jamrud mewakili Pemerintah Untia dan Masyarakat.

Hadirnya Perpustakaan Keliling Untia ini sebagai bentuk pentingnya membaca bagi masa depan dan membangun semangat tetap belajar dalam kondisi apapun sehingga hadirnya perpustakaan keliling dapat meningkatkan minat baca masyarakat dan anak nelayan.

“Tim PPK Ormawa SC AL FURQAN telah melakukan hal kecil tapi manfaatnya sangat besar bagi masyarakat. Dan melihat model pembelajaran kita yang terbilang membosankan maka perlu dilihat kebutuhan masyarakat ataupun anak-anak kita. Sehingga ini merupakan inovasi atau cara untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan anaknya dengan Perpustakaan Keliling yang langsung terjung mendatangi”. Ucapnya Prof Kasma yang merupakan WD IV FIS-H UNM.

Kemudian, Muh. Amar selaku Ketua Tim PPK Ormawa LDF SC AL FURQAN BEM FIS-H UNM menyampaikan bahwa Perpustakaan Keliling Untia (PKU) merupakan model perpustakaan sederhana yang didesain dengan bentuk Gerobak Dorong. Modelnya yang sederhana namun mampu menjangkau masyarakat dan anaknya secara langsung. Untuk itu Perpustakaan Keliling Untia tersebut adalah suatu langkah atau upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan anaknya. Sehingga kita mampu mewujudkan Untia sebagai Kampung Nelayan Maju dengan Pendidikan dan Literasi melalui Perpustakaan Keliling Untia.
“Semua dari kita berperan dalam meningkatkan pendidikan dan literasi. Karena, kalau bukan kita yang peduli untuk perkembangan pendidikan dan literasi bangsa, siapa lagi. Olehnya itu kami menghadirkan Perpustakaan Keliling Untia untuk menggait minat baca atau literasi Masyarakat dan anak-anak. Sehingga kita mampu mewujudkan sebagai kampung nelayan maju dengan Pendidikan dan Literasi melalui Perpustakaan Keliling Untia,” jelas Amar.

Reporter: Muh. Irfan Idris. (*)

Silahkan Berkomentar