Walikota Makassar Terima Langsung Penghargaan Bergengsi dari Kompas TV sebagai Daerah Inovasi Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

MAKASSAR – Kota Makassar meraih pencapaian gemilang dengan menerima Penghargaan Apresiasi Daerah Peduli Inovasi Ekonomi Kreatif dan Pariwisata dalam rangka peringatan 12 tahun Kompas TV, Jakarta, 11 September 2023.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dan disaksikan oleh dua Wakil Presiden Republik Indonesia ke X dan XII, Jusuf Kalla, serta Wakil Presiden Republik Indonesia ke XI, Boediono. Turut hadir juga sejumlah anggota Kabinet Indonesia Maju dan Tokoh Nasional.

Penghargaan bergengsi ini diberikan kepada Kota Makassar atas program bersejarahnya, yakni “Lorong Wisata” atau yang dikenal dengan sebutan “Longwis.” Program inovatif ini telah menjadi tonggak utama dalam pembangunan perkotaan yang berfokus pada kreativitas.

Danny Pomanto, Wali Kota Makassar, dengan rasa bangga menyatakan bahwa inovasi Longwis berhasil menghidupkan kembali perekonomian lokal Kota Makassar.

“Saya melihat lorong-lorong ini sebagai jantung Kota Makassar, tempat berbagai bentuk aktivitas ekonomi dimulai. Kota ini adalah sebuah entitas hidup, dan lorong-lorong ini adalah sel-sel pentingnya,” ujar Danny Pomanto di Hotel The Sultan, Jakarta.

Program Longwis bukan hanya sekadar memajukan sektor ekonomi, tetapi juga menjadi daya tarik pariwisata yang luar biasa. Dengan dukungan dari Pemerintah Kota Makassar, program ini telah menjadi percontohan nasional dalam pembangunan perkotaan yang berfokus pada inovasi dan keberlanjutan.

Penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa Kota Makassar telah menjadi pelopor dalam menggabungkan ekonomi kreatif dan sektor pariwisata untuk menciptakan sebuah kota yang dinamis dan berdaya saing tinggi. Hal ini juga membuktikan komitmen Kota Makassar dalam menjadikan kreativitas dan inovasi sebagai faktor utama dalam pertumbuhan dan kemajuan kota ini.

Kota Makassar berharap bahwa prestasi ini akan menjadi inspirasi bagi kota-kota lain di Indonesia dan seluruh dunia untuk berinvestasi dalam inovasi, ekonomi kreatif, dan pariwisata demi mewujudkan kota yang lebih baik dan berkelanjutan.

Silahkan Berkomentar