Kejuaraan Walikota CUP VI Makassar Turunkan Wasit Terbaik Liga Indonesia

MAKASSAR, SULSELNET.COM – Kejuaraan Sepakbola Wali Kota CUP VI Makassar menurunkan Wasit Terbaik yang sudah memimpin di Liga 2 Indonesia. Hal itu dikatakan Koordinator Wasit, H. Samaruddin kepada Media saat ditemui di Lapangan Gelora Sultan Hasanuddin, Jum’at, (22/9) Sore.

“Kita turunkan Wasit ke lapangan, itu betul-betul berkualitas dan mengikuti aturan dalam segi kepemimpinan mereka. Alhamdulillah wasit terpilih bekerja dengan baik menjalankan tugasnya,”katanya.

Menurutnya, aturan baru di lapangan yang selalu berkembang dan wajib disosialisasikan oleh wasit kepada kedua Tim Kesebelasan.

“Itu perlu kita terapkan di sini.
kepada pemain. Sebab wasit merupakan pemimpin dalam pertandingan sepak bola. Oleh sebab itu, wasit harus adil dan bisa memberikan keputusan tepat, sehingga tidak menguntungkan salah satu pihak,”jelasnya.

Terpisah, Ketua Penanggung jawab, Wali Kota CUP VI, Lukman Sulaiman, memperketat keamanan pada kegiatan sepakbola yang digelar di Lapangan Karebosi. Hal itu untuk menjaga pemain dan wasit, agar mereka tenang bermain.

“Jadi kita harus jaga keamanan termasuk pemain dan wasit. Supaya mereka tenang bekerja menjelaskan tugasnya,”tegasnya.

Diketahui wasit diturunkan 8 dan asisten Wasit 8 berasal dari Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Maros, Takalar dan Jeneponto.

Sementara itu, Wasit Utama bertugas seorang diri sebagai pengadil lapangan.
Meniup peluit saat pertandingan dimulai, babak pertama selesai, babak kedua digelar, dan pertandingan selesai.

Memberikan kartu kuning atau kartu merah kepada pemain maupun pelatih di pinggir lapangan.

Sedangkan, Asisten Wasit
Terdapat 2 asisten wasit yang bekerja sebagai hakim garis atau linesman.

Tugasnya untuk membantu wasit utama dalam menentukan offside, pelanggaran pemain, lemparan ke dalam, tendangan gawang, dan sepak pojok. Terdapat 1 asisten wasit yang bertugas mengatur papan pergantian pemain. (Rilis/*)

Silahkan Berkomentar