Jalanan Dipenuhi Sampah, Camat dan Lurah Imbau Warga Jaga Kebersihan

Foto:Jalanan di Blok AD Kel Katimbang dipenuhi sampah yang sangat kotor dan bercampur genangan air hujan.

MAKASSAR, SULSELNET.COM-Menanggapi persoalan sampah yang berserakan di jalanan yang letaknya berada di Blok AD Kelurahan Katimbang Kecamatan Biringkanaya, Aparat pemerintahan setempat langsung angkat bicara.

Menurut Camat Biringkanaya, Andi Syahrum Makkuradde, dengan adanya keluhan warga bahwa di blok AD kelurahan Katimbang ada jalanan seakan dijadikan tempat sampah. Ia langsung menanggapi dengan serius.

Bahkan Andi Syarum mengaku hal itu terjadi karena kurangnya kesadaran sebahagian warga untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Selain itu, ia menambahkan bahwa sebaiknya warga berlangganan sampah dan jangan buang sampah sembarang tempat.

Olehnya sebagai bagian dari pemerintah kota Makassar, pihaknya akan terus mensosialisasikan ke warga agar berlangganan sampah.

“Iye ini karena masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk berlangganan sampah, tapi kami akan tetap mensosialisasikan secara terus menerus terkait atas adanya keluhan masyarakat. Moga-moga yang berkeluh kesah bukanji juga diantara mereka yang membuang sampah atau tidak berlangganan.” kata Andi Syahrum via Whats up-nya, Senin, (9/3).

Sementara Lurah Katimbang, Agusman menjelaskan bahwa di wilayahya memang ada beberapa titik yang dijadikan oleh warga sebagai tempat pembuangan sampah. Hanya saja ia mengaku bahwa itu karena ulah warga yang sama sekali tidak sadar akan kebersihan, dan seenaknya membuang sampahnya disembarang tempat.

“Itu akibat ulah oknum masyarakat yg tidak bertanggung jawab,”jelasnya.

Lanjutnya, yang membuat titik sampah liar itu sebagian besar orang yang lewat karena di situ memang jalur perlintasan

” Orang mau berangkat kerja skalian bawa sampahnya untuk di buang dan kebetulan juga di wilayah situ masih lahan kosong yang tersembunyi.”lanjunya.

Meski demikian, dengan adanya masalah tersebut sebagai respon positif. Pihaknya akan berupaya membersihkan wilayah yang penuh sampah. Utamanya jalanan yang sudah kotor dipenuhi sampah. Namun, semua menyesuaikan dengan jadwal petugas satgas kebersihan.

“Sedianya jadwal pembersihan oleh satgas kelurahan pada hari sabtu, namun kondisi yang sangat becek sehingga satgas kewalahan dan akan di lakukan lagi saat kondisi memungkinkan, menyesuaikan jadwal dari satgas dinda. Karena jadwal penjemputan sampah rumah tangga juga tidak boleh terganggu.”tegasnya.

Sebelumnya beberapa titik di wilayah blok AD Kelurahan Katimbang dikeluhkan oleh warga sekitar. Pasalnya ada jalanan seakan menjadi tempat sampah, padahal sekiranya jalan itu difungsikan sebagaimana mestinya.

” Pernah saya dapat pak orang buang sampah di rawa-rawa pinggir jalan tapi bukan warga sini dari luar kayaknya, ada naik mobil dan motor, sempat saya tegur jangan buang sampah disitu. “ungkap salah seorang warga yang enggan disebut namanya.

Selain jalanan atau pinggir jalan ada juga warga tak bertanggung jawab membuang sampah di lahan kosong dan rawa-rawa sehingga tentu terlihat sangat kotor serta bisa menimbulkan penyakit jika terus dibiarkan.

Silahkan Berkomentar