Dosen UNM Dorong Kreatifitas Guru dalam Menulis Iklan Produk Lokal di Gowa

GOWA, SULSELNET.COM– Tiga dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM mendorong kreatifitas guru di Kabupaten Gowa dalam menulis iklan berbasis produk lokal di Kabupeten Gowa.

Kreatifitas guru di kabupaten bersejarah itu didorong dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan menggelar pelatihan menulis iklan berbasis produk Lokal kepada Guru SD Kabupaten Gowa.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk memantik jiwa ekonomi kreatif para guru di tengah situasi dan kondisi Pandemi Covid-19.

Tim PKM yang diutus UNM yaitu, Sakinah Fitri, S.S., S.Pd., M.Pd., Nurhusna, S.Pd., M.Pd., dan Alfian Tufli, S.S., M.Pd.

Sakinah Fitri selaku ketua tim PKM, menjelaskan bahwa jiwa kreatifitas guru perlu ditumbuhkan untuk turut berkontribusi menyelamatkan usaha-usaha lokal di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Kita melatih para guru SD di Kabupaten Gowa agar terampil menulis iklan terutama untuk produk lokal yang terdapat di Kabupaten Gowa. Melalui kegiatan ini kita berharaptumbuhnya jiwa ekonomi kreatif mereka agar mampu menghadapi kondisi saat ini di mana pandemi covid-19 membuat kondisi ekonomi masyarakat menurun,” ungkapnya, Minggu (22/8/2021).

Sakinah Fitri menambahkan, pelaksaan pelatihan tersebut juga diharapkan agar guru mampu menjadi pendidik di tengah masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi.

“Ilmu yang mereka peroleh dapat ditransfer kepada masyarakat setempat sehingga turut membantu stabilnya perekonomian masyarakat Kabupaten Gowa,” terangnya.

Adapun materi pelatihan ini diawali dengan definisi iklan, tujuan dan fungsi iklan, unsur-unsur iklan, ciri-ciri iklan, konsep ekonomi kreatif yang dikaitkan dengan potensi produk lokal yang terdapat di Kabupaten Gowa, dan contoh-contoh iklan yang menarik. Hasil dari pelatihan ini adalah guru-guru semakin paham bagaimana teknik menulis iklan dengan baik, unik dan menarik sehingga mampu menarik minat masyarakat atau konsumen untuk membeli produk tersebut.

Silahkan Berkomentar