Dosen UNM Latih Guru Menulis Puisi Berbasis Lingkungan dan Media Fotografi di Kabupaten Gowa

GOWA, SULSELNET.COM– Kompetensi seorang guru merupakan faktor yang penting karena seorang guru adalah teladan dan motivator bagi siswa. Seorang guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa bersemangat untuk belajar.

Hal tersebut menjadi dasar tiga dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) yakni, Aswati, M.Pd., Faisal, M.Hum., dan Dr. Hajrah menggelar pelatihan menulis puisi berbasis lingkungan dan media fotografi kepada guru di Kabupaten Gowa mulai Maret hingga September 2021.

Pelatihan tersebut ditujukan kepada Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Kecamatan dalam pembelajaran menulis puisi. Salah satu masalah yang menjadi temuan dosen UNM adalah guru belum mampu menulis puisi Indonesia dengan baik sehingga proses belajar mengajar menjadi kurang optimal. Selain itu, guru cenderung kurang kreatif dalam memilih dan menerapkan berbagai strategi pembelajaran menulis puisi.

Peranan guru sangat penting dalam kelangsungan kegiatan belajar mengajar (KBM). Guru harus mampu berkreasi semenarik mungkin untuk mengembangkan pembelajaran sastra agar kegiatan pembelajaran tidak membosankan dan monoton,” terang Aswati, Minggu (22/8/2021).

Kegiatan bertajuk Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun oleh setiap dosen di kampus pencetak guru tersebut. Namun, pada tahun ini pelaksanaan PKM kembali dilaksanakan secara daring dan membatasi peserta yang ikut untuk turut serta mendukung suksesnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam rangka mencegah menyebaran covid-19.

“Melalui pelatihan ini, kita berharap guru mampu dan terampil menulis puisi. Sehingga guru semakin kreatif mengajarkan materi menulis puisi pada kegiatan pembelajaran di kelas. Sehingga siswa lebih termotivasi mengikuti proses belajar-mengajar Bahasa Indonesia,” tambah Aswati.

Kegiatan PKM ini diketahui diikuti sebanyak 20 orang guru, masing-masing bertugas di SD Tassa’la, SD Paranglambere, SDI Patuku, dan SDN Parangbugisi di Kabupaten Gowa.

Silahkan Berkomentar