Profesor UNM Latih Anak Jalanan Berbahasa di Kota Makassar

MAKASSAR, SULSELNET.COM– Dalam rangka mewujudkan kemampuan berbahasa anak-anak secara global, Prof Kisman Salija melaksanakan pengabdian dengan menyusuri anak-anak jalanan yang putus sekolah sebagai target utama.

Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) itu didampingi oleh koleganya Dr Idawati Garim untuk mendata sejumlah anak jalanan di Kota Makassar untuk dilatih bertutur. Tak kurang dari 20 anak-anak jalanan berhasil dikumpulkan untuk dibina kemampuan berbahasanya.

Prof Kisman Salija menuturkan pemenuhan berbahasa baik, benar dan santun bagi anak jalanan merupakan langkah paling tepat untuk memberikan cerminan karakter yang baik.

“Penggunaan bahasa yang santun berdasar pada nilai keterampilan dan kemampuan berbahasa tidak hanya dikalangan akademisi melaikan juga dipihak masyarakat sebagai pengguna bahasa yang juga menuntut untuk menggunakan bahasa serta menuturkan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah, dan norma penggunaannya saat bertutur,” pungkas Ketua Prodi Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris ini. Minggu (22/8)

Senada dengan itu, Dr Idawati Garim memaparkan Tindak tutur yang terjadi pada anak-anak jalanan tersebut bervariasi dan beraneka ragam. Hal tersebut terjadi karena latar belakang anak-anak panti asuhan yang berasal dari suku, budaya, dan bahasa yang berbeda.

“Pengabdian tentang tindak tutur bahasa Anak-Aanak jalanan di kota Makassar sangat perlu untuk dilakukan mengingat bahwa kajian pengabdian di bidang ini masih terbatas, sehingga dengan alasan inilah pengabdi tertarik melakukan kajian di bidang pragmatik guna mencerdaskan anak-anak bangsa khususnya anak-anak jalanan di kota Makassar dalam berkomunikasi,”pungkas Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia ini.

Pengabdian ini dilakukan selama 8 bulan, tercatat sejak Maret lalu sudah mulai dilaksanakan dengan format blended, yakni daring dan luring.

Untuk memudahkan pengabdiannya, Prof Kisman bersama koleganya menerapkan teknik sadap seabagai langkah untuk mendeteksi kemampuan awal anak-anak jalanan (*)

Silahkan Berkomentar