Bapenda Makassar Optimis Serapan Pajak Naik Hingga 30 Persen

MAKASSAR-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) mencatat realisasi penerimaan pajak hingga Oktober 2021 sebesar Rp 700 miliar lebih.Serapan pajak naik hingga Rp 30 miliar jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Hal tersebut dikemukakan Plt Kepala Bapenda Makassar, Firman Pagarra saat dikonfirmasi melalui telepon seluler pada jumat (29/10/2021).

“Di bulan Oktober 2020 total pajak itu terkumpul sekitar Rp 670 milliar. Kalau bulan Oktober 2021 total pajak sekarang terkumpul sekitar Rp 700 milliar lebih,” ujarnya.

Pada Capaian tersbeut Penyumbang terbesar dari realisasi ini berasal dari pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Jumlah realisasi pajak pada sektor ini telah mencapai Rp170 miliar.

Kemudian disusul sektor Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB),yang kontribusinya telah mencapai Rp166 miliar.

“Untuk BPHTB Oktober tahun 2020 sekitar Rp 130 milliar sedangkan oktober tahun 2021 sekitar Rp 166 milliar,” jelasnya.

Jika dirinci secara keseluruhan, Pemkot Makassar menargetkan PAD dari seluruh sektor pajak daerah tahun 2021 sebesar Rp 1,3 triliun.Adapun sumber pajak sumber pajak tersebut yakni pajak perhotelan, pajak reklame, pajak restoran, pajak sarang burung walet, BPHTB, PPB, pajak hiburan, pajak parkir dan pajak lampu jalan.

“Dipastikan ada sedikit kenaikan dari tahun sebelumnya, kami berharap sampai akhir tahun akan terjadi peningkatan PAD,” tambahnya.

Silahkan Berkomentar