Pantau Pertumbuhan Janin untuk Cegah Stunting pada Anak

MAKASSAR, SULSELNET.COM- Stunting pada anak masih menjadi fokus perhatian bagi Pemerintah Kota Makassar. Tidak hentinya, sosialisasi dan edukasi masif diberikan ke masyarakat sebagai upaya menekan grafik stunting pada anak.

Perlu untuk diketahui bersama, stunting sendiri merupakan pertumbuhan abnormal yang terjadi pada anak dimana usia dan berat badan tidak seimbang sehingga akan mengganggu pertumbuhan serta tumbuh kembangnya anak.

BACA JUGA :

Menyikapi fenomena itu, Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi terus memberikan edukasi dan bantuan makanan pendamping bagi anak yang di kategorikan stunting.

Seperti yang dilakukan di Kecamatan Ujung Tanah, Sabtu (22/1/2022), Fatmawati Rusdi mengunjungi dua PKM yaitu PKM Pattingngalloang dan PKM Tabaringan. Harapannya bisa memotivasi para orang tua agar lebih peduli pada perkembangan buah hatinya.

“Ibu-ibu, stunting itu bisa dicegah sedari awal. Saat masa kehamilan adalah momen seharusnya menjaga buah hati. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, menjaga pola hidup, dan rutin memeriksakan janin itulah proteksi awal yang sebaiknya dilakukan,” sebutnya.

Di dampingi Kepala Dinas Kesehatan Makassar, Nursaidah Sirajuddin, Fatma juga mengatakan bergizi tak selamanya harus mahal.

“Tidak mahal untuk makanan bergizi. Banyak menu yang bisa dikonsumsi dengan kandungan gizi yang mumpuni. Apalagi sekarang zamannya teknologi, buka youtube bisa lihat cara mengolah makanan sehat,” terangnya.

Olehnya itu ia berharap kasus stunting khususnya di Kota Makassar bisa kian menurun atas partisipasi orang tua sebagai pendamping utama.

“Jadilah orang tua yang peduli dan gelisah melihat pertumbuhan anak. Orang tua adalah pendamping utama dan tenaga kesehatan adalah pendamping tambahan yang akan membantu memantau pertumbuhan anak. Jadi kepedulianta’ pada anakta’ itulah bukti kasih sayang sesungguhnya,” tegasnya. (*)

Silahkan Berkomentar