Siapkan Big Data Pemuda, Dispora Makassar Rancang Aplikasi Taurungka

MAKASSAR, SULSELNET.COM — Adaptasi terhadap konsep Makaverse, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar gagas program inovasi Taurungka. Taurungka merupakan program berbasis digital yang menjadi sistem informasi smart kepemudaan di Kota Makassar.

“Taurungka menjadi pusat database kepemudaan yang akan memuat sebaran pemuda usia 16-30 tahun berdasarkan wilayah kelurahan dengan sistem QR Code. Ini akan jadi pusat data base OKP yang memuat data kepemudaan menurut organisasi kemasyarakatan,” kata Kadispora Makassar Andi Pattiware dalam program Bappeda Corner seperti dilansir kanal YouTube Bappeda Kota Makassar.

Sealin itu, lanjut Andi Pattiware, Taurungka juga akan menjadi pusat database wirausaha dan UMKM pemuda yang di dalamnya memuat data dan profil wirausaha pemuda, UMKM Pemuda serta e-commerce barang dan jasa produknya.

“Kita menghadirkan Taurungka sebagai pusat database kepemudaan yang akan menjadi dasar realisasi berbagai program strategis pengembangan kepemudaan di kota Makassar. Agar apa yang kita lakukan tepat sasaran,” urainya.

Andi Pattiware mengungkapkan, selama ini problem yang dihadapi adalah belum tersedianya data kepemudaan yang akurat, terintegrasi dan kompherensif untuk memetakan kondisi dan kebutuhan pemuda di kota Makassar.

Hal tersebut berdampak pada tidak meratanya akses bantuan bagi pemuda ataupun saluran yang tepat bagi anak muda di kota Makassar.

“Taurungka hadir sebagai tools dalam mengeksekusi program kepemudaan kedepan di kota Makassar. Mereka harus disiapkan saluran dan dibukakan akses untuk mengembangkan potensinya secara lebih merata dan maksimal,” tambahnya.

Dalam obrolan Bappeda Corner yang dipandu Henni Handayani, Andi Pattiware juga menyampaikan itikad pemkot Makassar di bawah koordinasi Dispora Makassar yang akan menyediakan sarana dan prasarana olahraga di kota Makassar.

Salah satunya adalah rencana pembangunan Gelanggang Olahraga di kawasan Untia, kecamatan Biringkanaya, Makassar.

“Masih minimnya sarana olahraga di kota Makassar juga akan menjadi perhatian Dispora Makassar, kita telah merencanakan pembangunan gelanggan olahraga (GOR) di Untia dan beberapa sarana olahraga lainnya,” tutup Pattiware. (**)

Silahkan Berkomentar