Sinergitas Pemkot Makassar dengan Ormas Islam, Ambil Peran Sukseskan Program Jagai Anakta

MAKASSAR, SULSELNET.COM – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengawali aktivitasnya di hari kedua Ramadan 1444 Hijriah dengan banyak kegiatan.

Sebelum mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama OPD, Camat, Lurah, dan BUMD. Danny Pomanto menerima audiens dua Ormas Islam.

Keduanya yakni Pengurus Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Makassar periode 2023-2028 dan Pengurus Besar Darud Da’wah Wal Irsyad.

Didampingi Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Muhammad Syarief, audiensi dengan dua Ormas Islam itu berlangsung di Ruang Rapat Wali Kota, Balai Kota Makassar, Jumat (24/03/2023).

“Jadi kita terbuka dengan semua Ormas Islam. Ini juga sekaligus silaturahmi dengan pengurus Ormas, apalagi LDII itu adalah kepengurusan baru,” kata Danny Pomanto.

Danny Pomanto mengungkapkan pemerintah kota memiliki program kolektif yang tidak hanya bisa disinergikan dengan LDII tapi juga seluruh Ormas Islam.

Kata Danny Pomanto, ada beberapa program unggulan pemerintah yang selalu digaungkan di setiap acara keagamaan yakni Jagai Anakta dan Perkuatan Keimanan Umat.

“Inikan menyangkut hal-hal muamalah, sosial keduniaan. Jadi ini bisa mempersatukan semua Ormas Islam mengambil peran masing-masing,” ujarnya.

“Ini yang mau saya tanya LDII mau mengambil peran di mana untuk dua hal ini, biar bisa kita sinkronkan dengan Ormas Islam yang lain,” lanjut Danny Pomanto.

Selain memperkenalkan pengurus baru LDII Kota Makassar periode 2023-2028, juga untuk menyinergikan program LDII dengan Pemkot Makassar.

Ketua LDII Kota Makassar periode 2023-2028, Asdar Mattiro menyampaikan kedatangannya sekaligus mengundang secara khusus Danny Pomanto untuk menghadiri pelantikan Pengurus LDII Kota Makassar yang baru.

“Kita mengundang beliau untuk menghadiri pengajian akbar kami bulan depan dan juga pelantikan pengurus baru di bulan Mei nanti,” ucapnya.

Selain menyukseskan program Jagai Anakta’, ada beberapa program pengurus LDII baru yang disampaikan kepada Danny Pomanto agar bisa disinergikan dengan pemerintah kota.

“Salah satunya itu terkait dengan program peningkatan kesejahteraan umat, sehingga UMKM kita rencana akan kita tingkatkan dan berdayakan. Itu yang kita sampaikan ke pak wali dan mudah-mudahan ada support dari Pemkot,” ujan Asdar Mattiro.

Sedangkan, kedatangan Pengurus Besar Darud Da’wah Wal Irsyad berdiskusi membahas terkait rencana pembangunan Kantor Pengurus Besar Darud Da’wah Wal Irsyad. (*)

Silahkan Berkomentar