Dilengkapi Alat Berat, Satgas Drainase DPU Makassar Bersihkan Kanal Buloa

MAKASSAR, SULSELNET.COM – Sebanyak 15 anggota Tim Satgas Drainase Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar didukung 1 Unit Alat Berat Spyder Excavator dan 2 Unit Armada Dump Truk beraksi di Jalan Teuku Umar, Kecamatan Tallo.

 

Tim juga dibantu oleh Tim Kelurahan Buloa dan Tim Kecamatan Tallo. Mengeruk sedimen dan sampah di saluran sekunder di Jalan Teuku Umar 13, Kanal Buloa, dan sekitarnya.

Kegiatan ini berlangsung selama enam hari kerja, mulai Senin hingga Sabtu (24 – 29 Juli 2023).

Kegiatan normalisasi ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari laporan Pihak Kelurahan Buloa terkait masalah genangan yang terjadi saat musim penghujan.

Sampah, eceng gondok, dan sedimen yang menumpuk di saluran menyebabkan genangan dengan ketinggian rata-rata mencapai 30-60 cm di beberapa lokasi.

Proses pengerjaan meliputi pengerukan sedimen saluran, pembersihan sampah dan eceng gondok menggunakan alat berat, serta normalisasi saluran tersier yang terhubung langsung ke saluran sekunder dengan melibatkan anggota Satgas Drainase secara manual.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan normalisasi ini, kami berharap dapat meminimalisir genangan yang terjadi di Wilayah Kelurahan Buloa dan Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo,” ujar Zuhaelsi Zubir, Kepala Dinas PU Makassar.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan hasil dari rapat koordinasi sebelumnya bersama para Camat dan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, serta akan dilakukan secara berkelanjutan ke depannya.

Dengan terselesaikannya kegiatan normalisasi kanal ini, diharapkan wilayah sekitar dapat terhindar dari genangan yang meresahkan dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

 

Silahkan Berkomentar