Mahasiswa STIK Tamalatea Makassar Sukses Gelar PBL II di Maros

MAROS, SULSELNET.COM – Penarikan Mahasiswa PBL II (Pengalaman Belajar Lapangan) STIK Tamalatea Makassar di Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, berlangsung pada Senin, 31 Juli 2023.

Sebanyak 110 mahasiswa STIK Tamalatea Makassar terlibat dalam penarikan ini, yang tersebar di 8 tempat, yaitu kelurahan Borong, Desa Allaere, Purnakarya, Toddopulia, Damai, Kurusumange, Sudirman, dan Desa Lekopancing.

Masing-masing kelompok mahasiswa menjalankan program kerja, meliputi penyuluhan tentang permasalahan kesehatan, rokok, dan sampah. Selain penyuluhan, program kerja lain yang dilakukan adalah pembuatan tempat sampah percontohan.

Pada Kegiatan PBL II ini, mahasiswa telah menyelesaikan proses intervensi berdasarkan hasil prioritas masalah pada PBL I sebelumnya.

“Kemudian, kita akan melanjutkan kegiatan PBL III untuk melakukan evaluasi terhadap keberhasilan pemasangan tempat sampah percontohan sebagai bentuk intervensi terkait permasalahan sampah,” ucap Akmal Novrian, Sekretaris LPPM STIK Tamalatea Makassar.

Selama kegiatan PBL II berlangsung, tidak ada kendala atau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, sehingga kegiatan berjalan dengan baik.

LPPM STIK Tamalatea Makassar juga memberikan pembekalan pada mahasiswa sebelum turun ke lapangan pada Senin, 17 Juli 2023. Acara pembekalan ini dibuka oleh Ketua STIK Tamalatea Makassar, DR Rahmawati.

Dalam pembekalan tersebut, mahasiswa dibekali dengan beberapa materi, di antaranya adalah metode intervensi fisik dan non-fisik serta analisis data, metode komunikasi, advokasi, dan pemberdayaan masyarakat.

Materi selanjutnya adalah tentang metode media yang digunakan saat intervensi, yang dilanjutkan dengan materi tentang intervensi program berbasis kearifan lokal sesuai dengan visi dan misi STIK Tamalatea Makassar.

Terakhir, mahasiswa diberikan materi tentang metode evaluasi formatif kegiatan intervensi dan penjelasan penyusunan laporan. (**)

Silahkan Berkomentar