Malam Pesta Rakyat, Camat Panakkukang Launching 3 Program Inovasi Sekaligus Membuka Pekan UMKM

MAKASSAR, SULSELNET.COM – Pemerintah Kecamatan Panakkukang Kota Makassar dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan menggelar kegiatan pesta rakyat di Pelataran Mal Panakkukang Jalan Pengayoman Kelurahan Masale, Jumat (18/8/2023) malam.

Turut hadir di pesta rakyat tersebut para tamu undangan diantaranya para Anggota DPRD Dapil IV Kota Makassar Kasrudi, Azwar, Tripika Kecamatan Panakkukang, Staf Ahli Walikota Aryati Puspasari, Ketua KNPI Kota Makassar Hasrul Kaharuddin, para Lurah se-Kecamatan Panakkukang, para Kepala Puskesmas Wilayah Panakkukang, Ketua TP PKK Kecamatan Panakkukang, para Ketua TP PKK Kelurahan, para Ketua LPM Kelurahan serta para Pj. Ketua RT/RW dan Tokoh Masyarakat Kelurahan se-Kecamatan Panakkukang.

Sementara itu Walikota Makassar Danny Pomanto bersama unsur Forkopimda hadir melalui Zoom Meeting, diketahui perayaan pesta rakyat ini serentak dilaksanakan di 15 Kecamatan se-Kota Makassar.

Dengan mengusung konsep tema Terus Melaju Indonesia Maju, Camat Panakkukang Andi Pangerang Nur Akbar mempersembahkan konsep yang berbeda dalam perayaan Pesta Rakyat di tahun ini.

Di tahun ini dibawah kepemimpinannya bersama Sekcam Panakkukang Abdul Muis, Pemerintah Kecamatan Panakkukang melaunching 3 program inovasi.

Dalam sambutannya Camat Eang sapaanya mengungkapkan 3 program inovasi tersebut diantaranya adalah Aplikasi Sikarannuang, Urban Farming Community dan Bank Sampah RW Community.

“Aplikasi Sikarannuang ini hadir untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan bagi masyarakat cukup melalui handphone administrasi pengurusan warga dapat di selesaikan tanpa perlu bertemu pejabat dan bisa diantarkan dimana warga tersebut berada bekerja sama dengan platform ojek online” ujarnya.

Sementara itu konsep inovasi Urban Farming Community, Camat Eang menyatukan para Kelompok Wanita Tani dan Kelompok Tani di seluruh Lorong Wisata yang ada untuk berkolaborasi menciptakan urban farming-urban farming yang baru dengan memanfaatkan lahan yang kosong menjadi lahan yang prduktif dan hasilnya tentu dapat dirasakan bagi masyrakat.

Dan untuk inovasi Bank Sampah RW Community, Camat Panakkukang membuat gebrakam dengan mengajak para Ketua RW Kelurahan se-Kecamatan Panakkukang untuk mengelola bank sampah, tentunya jika sampah dikelola dengan baik akan menguranhi sampah hingga dapar bernilai ekonomis.

Selain itu di Malam Pesta Rakyat tersebut Camat Panakkukang bersama Tripika, Ketua KNPI Kota Makassar, Sekcam Panakkukang dan Ketua TP PKK Kecamatan Panakkukang menabuh gong sebagai pertanda di bukanya secara resmi kegiatan Pekan UMKM Kecamatan Panakkukang.

Diketahui Pemerintah Kecamatan Panakkukang juga memberikan ruang bagi para pelaku UMKM dengan menghadirkan stand-stand bagi UMKM untuk berjualan di Pelataran Mall Panakkukang. Kegiatan Pekan UMKM Kecamatan Panakkukang ini dilaksanakan mulai tanggal 19-25 Agustus.

Silahkan Berkomentar