Deteksi Penderita Covid-19 Tanpa Gejala, Kecamatan Panakkukang Gelar Tes Swab

MAKASSAR, SULSELNET.COM – Untuk memastikan lingkungan kerja di kantor Pemerintah Kecamatan Panakkukang tetap sehat dan aman dari penyebaran covid-19, Camat Panakkukang, Andi Pangeran Nur Akbar, menginstruksikan pegawai mengikuti tes swab antigen.

Pemeriksaan kesehatan seluruh pegawai baik berkantor di kecamatan maupun di kelurahan dilakukan di lima tempat. Yaitu berada di halaman Kantor Kecamatan Panakkukang, Puskesmas Tamamaung, Puskesmas Pampang, Puskesmas Toddopuli dan Puskesmas Batua.

Camat Panakkukang, Andi Pangeran Nur Akbar menyebut, ada sebanyak 130 pegawai mengikuti pelaksanaan tes swab antigen. Dari total yang ikut, 16 orang dinyatakan reaktif positif covid-19 oleh tenaga kesehatan. Mereka berstatus sebagai orang tanpa gejala (OTG).

“Ada 16 orang yang dinyatakan positif dari hasil test PCR dari total 130 orang yang ditesting. Mereka (yang positif) sudah diminta melakukan isolasi mandiri di rumah selama jangka waktu 12 hari. Mereka semuanya OTG dan kembali akan melakukan swab ke dua,” sebut Andi Pangeran, Jumat (25/02/2022).

Menurutnya, tes swab dilakukan sebagai wujud nyata atas komitmen dalam mencegah penularan maupun penyebaran covid-19 melalui deteksi secara dini menggunakan alat tes swab. Dan paling penting diantisipasi bagi penderita tanpa gejala atau OTG.

“Kegiatan ini akan terus dilakukan secara rutin mengingat pandemi belum berakhir. Percepatan capaian vaksinasi juga dikebut tuk membentuk herd immunity dan menyukseskan 100 persen vaksinasi di Kota Makassar,” sambungnya. (OP)

Silahkan Berkomentar